Danau Toba Menjadi Destinasi Wisata Dunia Apakah Hanya Wacana?

Editor: Lindung Pandiangan


Parapat, topjurnal.com | Danau Toba direncanakan menjadi Destinasi Wisata berskala Internasional oleh Presiden Jokowi ,bahkan Pemerintah pusat telah menggelontorkan anggaran untuk pembangunan kawasan Danau Toba.

Bahkan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan telah melakukan rapat percepatan destinasi pariwisata super prioritas Danau Toba pada Rabu 4 Maret 2020 yang lalu yang pada saat itu dihadiri Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah.


Hal ini bertujuan untuk meningkatkan PAD sehingga Ekonomi daerah terbangun, yang berdampak kepada kesejahteraan masyarakatnya.

Tetapi hal ini dapat dilakukan secara bertahap dimulai dari pembangunan infrastruktur sekaligus pembangunan karakter masyarakat agar mampu memenuhi standard pelayan bertaraf Internasional. Standard pelayanan yang dimaksud berkarakter, ramah ,sopan dan rendah hati serta menguasai SOP pelayanan kepariwisataan, " ujar Lindung Pandiangan.


Hal ini diungkapkannya pada saat ingin berkunjung ke Samosir melalui pelabuhan Ajibata saat itu beliau sudah tiba jam 9 00 wib tapi baru bisa menyeberang pukul 21.00 wib akibat kurangnya fasilitas penyeberangan ke Samosir.


Jadi menurut saya pemerintah Pusat dan Daerah sepertinya kurang koordinasi dalam perencanaan sehingga kesan lamban dalam pembangunan Danau Toba Menjadi kawasan Wisata bertaraf Internasional.

Saya mengharap Bapak Gubernur dan Bapak Bupati Simalungun dan Bapak Bupati Samosir bersinergi dengan Pemerintah pusat mewujudkan cita cita dari Presiden Joko Widodo dan harapan masyarakat Sumatera Utara menjadikan Danau Toba betul betul menjadi tujuan wisata utama dari wisatawan mancanegara dan lokal." ujarnya kepada wartawan topjurnal.(red)


Share:
Komentar

Berita Terkini