Ketua Partai Republik di Senat AS Memberi Ucapan Selamat Kepada Presiden AS Terpilih

Editor: cbm6363


Topjurnal, Jakarta --  Ketua Partai Republik di Senat Amerika Serikat, Mitch McConnell, memberi ucapan selamat kepada presiden terpilih, Joe Biden, atas kemenangannya dalam pemilihan umum pada 3 November lalu. McConnell merupakan salah satu tokoh ternama Partai Republik yang mengakui kemenangan Biden dalam pemilu, terlepas dari sikap Presiden Donald Trump yang berkeras menolak hasil pemilu. "Pemungutan suara elektoral (electoral college) telah berbicara. Jadi, hari ini saya mau mengucapkan selamat kepada presiden terpilih Joe Biden," kata Senator asal Kentucky itu dalam pidatonya di Senat pada Selasa (15/12).

Selain Biden, McConnell juga mengucapkan selamat kepada Kamala Harris yang terpilih sebagai wakil presiden mendampingi Biden. "Di luar perbedaan kita, seluruh warga Amerika bisa bangga karena bangsa ini memiliki Wakil Presiden terpilih perempuan pertama," kata McConnell seperti dikutip AFP. Sejak penghitungan suara menunjukkan Biden unggul dari Trump, sang presiden dan mayoritas politikus Republik menolak mengakui hasil pemilu. Trump berkeras mengklaim bahwa pemilu kali ini curang dan banyak dari anggota Kongres dari Partai Republik juga menolak mengakui kemenangan Biden

Kemenangan Biden dalam pemilu akhirnya dikukuhkan lewat pemungutan suara elektoral pada Senin (14/12). Seluruh pemilih elektoral dari 50 negara bagian AS berkumpul di masing-masing wilayah untuk memberikan suara elektoral mereka. Sebanyak 306 pemilih elektoral memberikan suara untuk Biden dan 232 suara untuk Trump. Sementara itu, sejumlah pihak menganggap pengakuan McConnell terhadap kemenangan Biden memberikan sinyal jelas kepada Trump bahwa upaya untuk menggugat hasil pemilu akan semakin sia-sia. (rds/evn)

Sumber : CNN 

Share:
Komentar

Berita Terkini