Jokowi Meluncurkan Bantuan Sosial 2021

Editor: billcalvin



Topjurnal.com | Telah diresmikannya penyaluran bantuan sosial tunai seluruh Indonesia 2021 oleh Presiden RI Joko Widodo. Jokowi berkata, pemerintahan telah menyiapkan seluruh anggaran untuk bantuan sosial sebesar Rp 110 triliun.Dengan peluncuran seluruh anggaran ini maka bantuan tersebut mulai disalurkan ke-34 provinsi.

Jokowi mengatakan, bantuan sosial yang diluncurkan ini berupa program keluarga harapan (PKH), program sembako, serta bansos tunai.

"Tahun 2021 ini penyaluran bantuan sosial akan terus kita lanjutkan, dan di dalam APBN 2021 telah kita siapkan anggaran sebesar Rp 110 triliun untuk seluruh penerima dari Sabang sampai Maraoke dari Miangas sampai Pulau rote dalam rangka membantu masyarakat mengatasi dampak COVID-19. Artinya bbantuan ini dimulai hari ini disalurkan ke-34 provinsi," kata Jokowi dalam acara peluncuran yang disiarkan melalui Youtube, Senin (4/1/2021).



Hari ini di awal 2021, saya meluncurkan langsung bantuan tunai se-Indonesia pada masyarakat penerima untuk program keluarga harapan, program sembako dan program bantuan sosial tunai," ujarnya.

"Kemudian sembako akan disalurkan dari Januari-Desember 2021, nilainya tadi sudah disampaikan Bu Menteri Sosial Rp 200 ribu per KK per bulan. Kemudian bantuan sosial (bansos) tunai BST diberikan selama 4 bulan, Januari-Februari-Maret-April nilainya Rp 300 ribu per bulan per KK. Ini sudah jelas semuanya," ujarnya.

Jokowi mengatakan, bantuan ini terbagi dalam beberapa tahapan. Untuk PKH terbagi dalam empat tahap yang penyalurannya dilakukan oleh Bank BUMN atau Himbara.


Share:
Komentar

Berita Terkini