Kegiatan Ekonomi Rencana Akan Dibuka Bertahap Bulan September Dengan Dua Syarat

Editor: Meri sihotang

 

Topjurnal.com | Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan bahwa kegiatan ekonomi akan sepenuhnya dibuka rencananya pada bulan September namun dengan syarat bahwa pandemi sudah cukup terkendali dan tercapainya target vaksinasi secara mnyeluruh.

Beberapa kondisi yang harus dipenuhi adalah. Syarat pertama, strategi disiplin kepatuhan protokol kesehatan 3M dan pelaksanaan testing, tracing serta treatment (3T) yang terus ditingkatkan.

Kedua,percepatan vaksinasi yang terus ditambah sehingga bisa menyelesaikan target sebanyak 60-70 juta suntikan pada Agustus.

Mengenai vaksinasi kita bulan ini berharap akan bisa 60- 70 juta kita akan vaksin Agustus dan kita harap juga September demikian. Sehingga dengan kita bisa mengendalikan pandemi. Pembukaan aktivitas ekonomi akan tergantung kepada pencapaian vaksinasi serta implementasi dari 3T dan 3M," ujar Luhut dalam keterangan pers secara virtual pada Senin (02/08/2021).

Bulan Agustus ini sangatlah penting untuk kita memanfaatkan meningkatkan cakupan vaksinasi. Presiden memerintahkan kami untuk melakukan langkah-langkah ini dengan sebaik-baiknya dan sedetail-detailnya dan penerapan strategi 3M dan 3T agar September bisa mulai dilakukan pembukaan secara bertahap," ujar Koordinator Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Jawa Bali ini.

Namun, realisasi dari rencana pembukaan bertahap itu akan bergantung hasil pekerjaan mingguan penanganan Covid-19.

Sehingga menurutnya, sambil mengamati perkembangan secara mingguan, nantinya ada sejumlah sektor yang sudah mulai dibuka.

"Mungkin secara bertahap ada juga nanti yang nanti mulai sudah kita buka," ungkap Luhut. (ms)

Share:
Komentar

Berita Terkini