Berikut Penyebab Bibir Sumbing yang Perlu Diketahui

Editor: Meri sihotang


Medan-Topjurnal.com
| kelainan bibir dan langit-langit yang kerap disebut dengan bibir sumbing cukup beragam. Ada yang alami celah langit-langit saja, celah bibir saja, dan ada juga yang mengalami kondisi celah bibir maupun langit-langit. Kondisi bibir sumbing yang muncul disertai celah di langit-langit mulut disebut dengan langit sumbing. Para ahli percaya bahwa kondisi ini terjadi akibat kombinasi faktor genetik dan lingkungan.

Memiliki saudara atau orang tua dengan bibir atau langit-langit sumbing juga berkaitan dengan peningkatan risiko terjadinya bayi bibir sumbing. Selain itu, sejumlah kondisi yang dialami oleh ibu selama kehamilan juga bisa meningkatkan risiko terjadinya bibir sumbing, yaitu:

1. Terpapar asap rokok, selama hamil baik sebagai perokok pasif maupun aktif

2. Memiliki kebiasaan mengonsumsi minuman beralkhohol selama hamil

3. Mengalami obesitas selama hamil

4. Mengalami diabetes sebelum hamil

5. Mengalami kekurangan asam folat selama kehamilan

6. Mengonsumsi obat untuk mengatasi kejang, seperti obat topiramate atau asam valproat, obat kortikosteroid, obat retinoid, methotrexate, selama trimester pertama kehamilan.

Menurut dr Gentur Sudjatmiko SpB, SpBP-RE (K) dalam bukunya yang berjudul Mengenal Sumbing, munculnya bibir sumbing terjadi saat perkembangan embriologi pada minggu ke-5 hingga minggu ke-9 kehamilan. Pada periode itu, wajah dan bibir atas janin berkembang. Namun karena suatu sebab, jaringan yang seharusnya menyatu, gagal menyatu pada fase ini. Kegagalan penyatuan jaringan ini yang menyebabkan sumbing pada bibir maupun langit mulut. (Ms)

Share:
Komentar

Berita Terkini