Sebanyak 160 Orang WNA China Tiba di Bandara Soekarno-Hatta Menjadi Sorotan Publik

Editor: Meri sihotang

Jakarta - Topjurnal.com | Sebanyak 160 orang WNA China tiba di Bandara Soekarno-Hatta dari Guangzhou, pada pagi hari pukul 05.00 WIB. Hal tersebut dibenarkan oleh Kabag Humas dan Umum Ditjen Imigrasi Arya Pradhana Anggakara.

"Terkait kedatangan 160 WNA dengan pesawat China Southern Airlines CZ387 (regular flight) dari Guangzhou, RRT, di Bandara Soekarno-Hatta pada Sabtu (8/05/2021) pukul 05.00 WIB," kata Arya dalam keterangannya, Sabtu (8/05/2021).

Arya mengatakan ke-160 WNA China tersebut telah memenuhi aturan keimigrasian Indonesia dengan jenis visa sesuai Permenkumham Nomor 26 Tahun 2020. Mereka, kata Arya, hendak bekerja di Indonesia.

"Kami sampaikan bahwa seluruh WNA telah memenuhi aturan keimigrasian dengan jenis visa dan kegiatan yang sesuai dengan Peraturan Menkumham Nomor 26 Tahun 2020 yaitu untuk kegiatan bekerja, bukan untuk kunjungan wisata," ucapnya.

Masuknya sejumlah WNA China ke Indonesia menjadi sorotan publik karena bertolak belakang dengan larangan ketat bagi masyarakat yang hendak mudik Lebaran. 

Sejumlah anggota DPR RI mempertanyakan keputusan pemerintah tersebut. Sorotan datang dari anggota DPR Fraksi PPP Achmad Baidowi, yang menyayangkan adanya WNA China masuk ke Indonesia. Awiek, sapaan akrab Achmad Baidowi, menyayangkan masuknya WNA China lantaran peristiwa tersebut terjadi saat Indonesia tengah berusaha melawan COVID-19.

"Masuknya WNA China tersebut meskipun dengan dalih proyek strategis dengan dokumen resmi tetap menimbulkan pertanyaan publik. Pada sisi lain pemerintah melarang mudik untuk membatasi pergerakan manusia agar bisa mencegah penukaran COVID-19. Anehnya justru WNA China yang di negaranya menjadi sumber penyebaran COVID justru boleh datang ke Indonesia," ucapnya. 

Awiek meminta agar sementara waktu pemerintah melarang seluruh WNA masuk ke Indonesia. Ini agar tercipta rasa keadilan bagi masyarakat yang saat ini tengah dilarang mudik.

(Ms)

Share:
Komentar

Berita Terkini